Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Earnings Response Coefficient (ERC) (Suatu Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2010-2013)

Authors

  • Vinta Paulinda Awuy Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Jember (UNEJ) Jln. Kalimantan 37, Jember 68121
  • Yosefa Sayekti Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Jember (UNEJ) Jln. Kalimantan 37, Jember 68121
  • Indah Purnamawati Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Jember (UNEJ) Jln. Kalimantan 37, Jember 68121

:

https://doi.org/10.9744/jak.18.1.15-26

Keywords:

Pengungkapan corporate social responsibility, earning response coefficient, GRI G3.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh dari pengungkapan informasi Corporate Social Responsibility (CSR) dalam laporan tahunan perusahaan ter­hadap respon pasar terhadap laba perusahaan (Earning Response Coefficient, ERC). Peneliti­an ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder berupa laporan tahunan (annual report) 123 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2010-2013. Penelitian ini menggunakan variabel terikat (dependen) Cummulative Abnormal Return (CAR), variabel bebas (independen) CSR disclosure Indeks (CSRI) yang di dapat dari hasil checklist Indeks GRI G3 dan Unexpected Earnings (UE), serta variabel kontrol Price-to-Book Value (PBV) dan Leverage (DER) . Hasil penelitian empiris menunjukkan bahwa pengungkapan CSR yang dilakukan perusahaan tidak berpengaruh terhadap ERC perusahaan tersebut. Hal tersebut mengindikasikan bahwa pengungkapan CSR perusahaan tidak mempengaruhi keputusan investasi oleh para investor.

References

Abolfazl, et. al. (2013). Effect of The Social Responsibility on Earnings Response Coefficient. World of Sciences Journal, ISSN: 2307-3071, Vol. 1 Issue 10, 39-49.

Agustini, Yuli. (2011). Pengaruh Daya Informasi Akuntansi Pada Hubungan Pengungkapan Corporate Social Responsibility dengan Cost of Equity Capital. Dipublikasi. Tesis. Denpasar: Universitas Udayana.

Almilia, Luciana dan Wijayanto, Dwi. (2007). Pengaruh Environmental Performance dan Environmental Disclosure terhadap Economic Performance. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, The 1st Accounting Conference, 7-9.

Belkaoui, A. dan P.G. Karpik. (1989). Determinants of the Corporate Decision to Disclose Social Information. Accounting, Auditing and Accountability Journal. Vol. 2. No. 1. 36-51.

Blowfield, M. dan Murray, A. (2008). Corporate Responsibility – A Critical Introduction. Oxford: Oxford University Press.

Borglund, T. et. al., (2012). CSR Corporate Social Responsibility En Guide Till Foretagets Ansvar. Stockholm: Sanoma Utbildning.

Carroll, Archie B. (1999). Corporate Social Responsibility: Evaluation of a Definitional Construct. Bussiness and Society, Sept 1999, 268 – 295.

Cho, L.Y., and K. Jung. (1991). Earnings Response Coefficients: A Synthesis of Theory and Empirical Evidence. Journal of Accounting Literature, Vol.1, 85-116.

Dahlia dan Veronica. (2008). Pengaruh corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Per-usahaan (Studi empiris pada perusahaan yang terdaftar di bursa efek Indonesia pada tahun 2005 dan 2006). Simposium Nasional Akuntansi XI. Pontianak.

Fahrizqi, Anggara. (2010). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Laporan Tahunan Perusahaan. Dipublikasi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Godfrey, Jayne et al. (2010). Accounting Theory Seventh Edition. John Wiley Sons Australia Ltd.

Gotherstrom, Ulla-Christel. (2012). Corporate Social Responsibility and Accounting - A Literature Review. Dipublikasi. University of Gothenburg.

Global Reporting Initiative. (2005). Sustainability Report Guidelines.

Guthrie, J. and L.D. Parker. (1990). Corporate Social Disclosure Practice: A Comparative International Analysis. Advances in Public Interest Accounting, Vol. 3, 159-175.

Indira, J. dan Apriyanti, Dini. (2005). Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Kinaerja Keuangan. Jurnal Maksi. Vol. 5. No. 2, 227-243.

Jenkins, Heledd dan Yakovleva, Natalia. (2006). Corporate Social Responsibility in The Mining Industry: Exploring Trends in Social and Environmental Disclosure. Jurnal of Cleaner Production, September 2006, 271-284.

Junaedi, Dedi. (2005). Dampak Tingkat Pengungkapan Informasi Perusahaan Terhadap Volume Perdagangan dan Return Saham: Penelitian Empiris Terhadap Perusahaan-Perusahaan yang Tercatat Di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, Juli-Desember 2005, Vol. 2 No. 2, 1-28.

Kastutisari, Savitri dan Dewi, Nurul Hasana Uswati. (2013). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Abnormal Return. Surabaya: STIE Perbanas.

Kotler, Philip and Lee, Nancy.(2005). Corporate Social Responsibility: Doing The Most Good For Your Company And Your Cause. New Jersey: John Wiley & Sons.

Kurniawan, Tri W. dan Nugrahanti, Yeterina W. (2012). Pengaruh Pengungkapan Pertanggungjawaban Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility Disclosure) Terhadap Earnings Response Coefficient. Oference In Business, Accounting, and Management, Vol.1 No.1

Lang, Mark dan Lundholm, Russell. (1993). Cross-Sectional Determinants of Analysts Rattings of Corporate Disclosures. Journal of Accounting Research, Vol. 31, No. 2, 246-271.

Peraturan Pemerintah Nomor 47 tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas.

Rahman, Hervi A. (2008). Reaksi Pasar Sebelum dan Sesudah Publikasi Laporan Keuangan Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar Di BEI Periode 2004-2006. Dipublikasi. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro.

Restuti, Mi M.D. dan Nathaniel, Cecilia. (2012). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Earning Response Coefficient. Jurnal Dinamika Manajemen, Vol. 3 No. 1, 40-48.

Sanusi, Anwar. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sayekti, Yosefa dan Wondabio, Ludovicus S. (2007). Pengaruh CSR Disclosure Terhadap Earning Response Coefficient: Suatu Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi X.

Scott, William R.. (2009). Financial Accounting Theory. Fifth Edition. Canada: PrenticeHall.

Silalahi, Sem Paulus. (2014). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure, Beta, dan Price to Book Value (PBV) Terhadap Earnings Response Coefficient (ERC). Jurnal Ekonomi Vol.22 No.1.

Siregar, Chairil N. (2007). Analisi Sosiologis terhadap Implementasi Corporate Social Responsibility pada Masyarakat Indonesia. Jurnal Sosioteknologi, Edisi 12 Tahun 6, Desember.

Sukirman, Fransisca dan Meiden, Carmel. (2012). Pengaruh CSR Disclosure Terhadap Earnings Response Coefficient Pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI Periode 2007-2009. Jurnal Akuntansi, Vol. 1, No.1.

Tandelilin, Eduardus. (2001). Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. Yogyakarata: BPFE Yogyakarta.

Undang-undang Nomor 4 Tahun 2009 Pasal 95 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara.

Undang-undang Nomor 22 Tahun 2001 Pasal 11 tentang Minyak dan Gas Bumi.

Undang-undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal.

Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

Utaminingtyas, Tri Hesti. (2010). The Relationship Between Corporate Social Responsibility and Earnings Response Coefficient: Evidence from Indonesian Stock Exchange. Oxford Business & Economics Conference Program, ISBN: 978-0-9742114-1-9.

Website http://www.idx.co.id

World Business Council for Sustainable Development. (2000). Corporate Social Responsibility: Making Good Business Sense. World Business Council for Sustainable Development: Geneva.

Wulandari, Kadek T. dan Wirajaya, I Gede A. (2014). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Earnings Response Coefficient. E-Jurnal Akuntansi, Universitas Udayana 6.3,355-369.

Downloads

Published

2017-02-20

How to Cite

Paulinda Awuy, V., Sayekti, Y., & Purnamawati, I. (2017). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Earnings Response Coefficient (ERC) (Suatu Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2010-2013). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 18(1), 15-26. https://doi.org/10.9744/jak.18.1.15-26

Issue

Section

Articles